Critical Eleven-Ika Natassa

Assalamu’alaikum Guys!

I’m so excited banget akhirnya bisa bikin review novel yang aku baca disini. After loooooong time I didn’t write anything here, this time is my opportunity to fill up my wordpress blog with the review or synopsis again 🙂 *dancing*.

Kali ini aku mau nge-review novel dari Ika Natassa, yang judulnya adalah Critical Eleven.

Nih yaa, first I will write the synopsis of this novel.

Dalam dunia penerbangan, dikenal istilah critical eleven, sebelas menit paling kritis di dalam pesawat-tiga menit setelah take off dan delapan menit sebelum landing-karena secara statistik delapan puluh persen kecelakaan pesawat umumnya terjadi dalam rentang waktu sebelas menit itu. It’s when the aircraft is most vulnerable to any danger.

In a way, it’s kinda the same with meeting people. Tiga menit pertama kritis sifatnya karena saat itulah kesan pertama terbentuk, lalu ada delapan menit sebelum berpisah-delapan menit ketika senyum, tindak tanduk, dan ekspresi wajah orang tersebut jelas bercerita apakah itu akan jadi awal sesuatu ataukah justru menjadi perpisahan.

Ale dan Anya pertama kali bertemu dalam penerbangan Jakarta-Sydney. Tiga menit pertama Anya terpikat, tujuh jam berikutnya mereka duduk bersebelahan dan saling mengenal lewat percakapan serta tawa, dan delapan menit sebelum berpisah Ale yakin dia menginginkan Anya.

Kini, lima tahun setelah perkenalan itu, Ale dan Anya dihadapkan pada satu tragedi besar yang membuat mereka mempertanyakan pilihan-pilihan yang mereka ambil, termasuk keputusan pada sebelas menit paling penting dalam pertemuan pertama mereka.

Diceritakan bergantian dari sudut pandang Ale dan Anya, setiap babnya merupakan kepingan puzzle yang membuat kita jatuh cinta atau benci kepada karakter-karakternya, atau justru keduanya.

First time I saw this book, I really felt so interested with the cover. Oh ya! by the way I borrow this book from my campus friend, Maya. Thank youuu Mbak Maya :). Ya, as well as I know I felt in love for the first time with this cover.

Cover Critical Eleven

Siapa yang gak tertarik waktu liat cover nya coba?!?!.. yaa well, actually aku belum pernah beli novel dari Ika Natassa selama aku menjadi Novel Lover. Ini juga karena di rekomen sama Maya sampai akhirnya aku mau pinjem novelnya Maya, and we did a barter. I lend her my favourite novel-until now-which is Crash Into You by aliaZalea, dan Maya pinjemin aku novel ini. Not just feel interest with the cover, but I also feel so impressed with the bookmarks.

One Word: FABULOUS!.

Bookmark Critical Eleven

Well, actually nama asli dari main cast cowok nya itu Aldebaran Risjad seperti yang tertulis di bookmark di atas, nama Ale itu adalah nama panggilan dia. dan nama asli dari main cast cewek nya itu Tanya Baskoro, dan nama Anya adalah nama panggilan dia.

Pertama baca novelnya, di first chapter kita bakal disuguhin sama kejadian how the first time Anya and Ale meet up. Jadi di novel ini ceritanya Anya itu adalah seorang pegawai kantoran, if I’m not mistaken Anya bekerja sebagai seorang konsultan, dan Ale-sang suami-bekerja sebagai seorang insinyur minyak yang suka offshore ke tengah laut (offshore ini biasanya suka berada di tengah laut untuk mendeteksi sumber minyak di dasar laut).

They meet each other on the plane, when Anya wants to see Coldplay concert in Sydney, dan Ale back to work-Anya suka nyebut kalo Ale bekerja sebagai tukang minyak.

One thing that makes me feel so impressed with this novel adalah ketika aku melihat karakter Anya yang bener-bener just the way she is, Ika Natassa bener-bener berhasil untuk bikin aku terhanyut sama storyline yang dia bikin. #TSAH.

Sekilas cerita Anya dan Ale berkenalan, perkenalan mereka itu hanya berlangsung sekitar 7 jam, karena dari yang aku tangkap, penerbangan from Jakarta to Sydney ini direct flight, jadi gak pakai transit-transit.

Ketika mereka sudah mau sampai di Sydney, akhirnya Ale sadar bahwa Anya itu udah bikin dia ketagihan untuk ngobrol bareng, sampai akhirnya si Ale ini gak mau ngelewatin kesempatan untuk minta nomor telfon Anya, dengan alibi….. “siapa tau kamu bisa temenin aku untuk makan-makan disini, Nya”. Yaampun…..cowok itu emang bener-bener alesannya bisa banget ya!.

Yaa, finally Anya and Ale getting married. Pernikahan mereka itu sangat bahagia at the beginning, sampai akhirnya kapal yang tadinya masih utuh itu mulai terbentur gunungan es di laut yang membuatnya akhirnya terkikis, seperti apa yang Anya rasain waktu Ale mengucapkan kalimat yang membuat dirinya benar-benar sakit hati.

Ketika itu, saat mereka sedang merasakan adem ayem nya pernikahan, Anya is pregnant. What a lucky life, Ale and Anya are really excited to celebrate her baby-soon to be. Selama mengandung, Anya gak merasakan sesuatu hal yang aneh sama kandungannya, sampai akhirnya ketika sudah masuk di usia kandungan yang cukup besar, around 8 or 9 months. Ada yang berubah sama kandungannya, dan ternyata kandungan Anya tidak bisa di selamatkan, a.k.a her baby passed away.

Jangan di tanya how does it feel, when you lose someone that already be a part in your life. Awal balik dari rumah sakit hubungan Anya dan Ale masih terlihat baik-baik saja, although both of them feeling so down.

“Coba aja kalau kamu gak sibuk, Aidan pasti masih ada, Nya”.

Istri mana yang gak sakit hati disalahin atas meninggalnya sang anak? Apalagi disalahin sama suami sendiri. IIIIHHH, for sure aku bener-bener benci banget waktu tau si Ale ngomong begini ke Anya *kebawa alur*.

Yaudaah, then since Ale said that magical word, everything in their life changed. Dan, disinilah emosi kalian-readers-akan kebawa untuk terus ngikutin kisah rumah tangga Ale sama Anya, for the detail of the story, it’s better for you to buy this novel, atau gak kayak aku aja, pinjem sama temen :)). Oh ya! btw, this novel has storyline yang maju mundur, jadi gak seterusnya alurnya maju aja. Jadi, jangan pusing ya kalo baca novel karangan Ika Natassa yang satu ini.

For ending….umm…..Ika Natassa knows how to treat her readers well, Well done :D.

Wassalamu’alaikum

Warm Regards,

-Puti-

Indonesia, 23rd December 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s